about my dream and future


TK..
Sebuah mimpi ku yang sempat ada sejak aku menduduki bangku TK. Dulu, waktu TK aku sempat bercita-cita jadi dokter muda yang cantik. Aku punya pemikiran kayak gitu, mungkin karena aku sering ikut adik ku dibawa kedokter karena sakit nya aneh-aneh. Kayak enak gitu jadi dokter, banyak banget pahalanya. Bisa nyembuhin orang, bahkan orang yang mau sekarat aja bisa sembuh juga. Sampek pada usia ku yang keberapa gitu, aku di kasih kado sama mama, mainan kayak peralatan dokter gitu. Semakin semangat pinter, biar bisa jadi dokter. Trus sejak TK aku udah punya mimpi masuk SMP 5, sebelah persis rumah sakit lavalette. Aku inginkan disitu karena saat itu, kakek sakit. Dan jika aku sekolah disitu aku bisa tiap pulang sekolah jenguk kakek. (pemikiran anak TK, secara logis ya masak kakek bakalan sakit terus sampek aku SMP -_-)


SD…
Waktu SD pun juga gitu. Alhamdulilah, nilai ipa sama matematika ku selalu tinggi. Sampai ketika aku try out untuk yang terkhir kali nya nilai ipa ku tertinggi, walaupun itu hanya dapat 6,5. Aku semakin berantusias jadi dokter. Kayak nya jadi dokter itu tinggal selangkah lagi. Dan juga dapat semangat dari papa, “nduk, kamu besok jadi o dokter atau perawat. Kalau papa sakit kamu bisa nyembuhin”. Semakin ada semangat membara jadi dokter J. Nun ku pun mampu masuk SMP 5 yang dulu sempat aku inginkan.

SMP…
Akhirnya bisa masuk SMP 5, ternyata ini SMP favorit di kota ini. Semua nilai ku anjlok, gak tau kenapa. Merasa jadi orang terbodoh disekolah. Matematika gurunya aneh, jarang dateng. Ipa juga, guru nya aneh. Bawaannya bikin ngantuk aja. Guru kimia gak pernah dateng lagi sejak kecelakaan. Bener-bener kacau. Uda gak bisa dapet rangkin lagi kayak waktu SD. Ya mungkin aku terlena sama keadaan SMP, yang menurutku jauh dari masa SD. Waktu kenaikan kelas pun , nilai ku gak karuan. Pokok nya selama aku SMP nilai ku udah gak sesuai sama yang dulu sejak TK aku impi-impikan. Merasa jadi orang sia-sia, apa yang aku inginkan , kalau uda tercapai belum tentu aku semakin pintar. Yang ada ya begitulah.. Dan aku baru tau sejak mulai menduduki bangku SMP. Kalau jadi dokter itu, biayanya gak cukup Cuma 10 juta. Lantas?? Harus berapa duit buat jadi dokter?? omaiGudness.. sejak saat itu aku mulai memurungkan niat. Disisi lain, aku lebih suka hal-hal berbau IT. Tapi aku galau, setelah lulus nanti. Aku masuk SMK atau SMA? Kalau SMK aku bulatkan tekad masuk bidang IT. Kalau aku tetap ingin menjadi dokter dengan kemampuanku yang alakadarnya ini. Aku harus memilih SMA dan harus bisa masuk IPA. Murung deh. Bener-bener bingung, nun pun Cuma dapat 30. Masuk SMA pun, dapat yang pelosok yang juaoh dari rumah. Akhirnya aku masuk SMK Telkom. Sekolah IT terbaik di Malang. Maav papa, aku tak sesuai keinginan mu L


SMK….
Semakin gak ada niatan lagi buat jadi dokter. Mau jadi dokter kok masuk sekolah IT? Gak nyambung banget kan? Ya bisa aja sih, dari SMK situ aku nrusin kuliah ke kedokteran. Tapi pelajaran biologi aja kagak ada. Adanya Cuma matematika sama kimia. Itu pun tiada hari tanpa kata remidi. Memurungkan niat banget deh. Jadi apa aja yang penting kerja trus bisa sukses bisa ngebanggain orang tua. Sampai saat ini, udah hilang kayaknya rasa antusias ku dulu yang pengen jadi dokter. Kayak nya udah terlambat sangat jauh, kalau harus belajar dari awal lagi. Sekarang yang aku pikirkan. Kenapa banyak sekali orang pengen jadi dokter? Aku semakin gak suka jadi dokter, sejak aku tau ada rumah sakit yang wajib membayar uang muka dulu barulah dapat penanganan. Lha iya kalo orang mampu. Kalo tu orang buat biaya makan aja untung-untungan?? Kayak gini ya sistemnya Indonesia. Pelit banget. Sejak saat itu, gak perlulah aku mimpi yang terlalu muluk, mimpi sih boleh. Sekarang kalo emang Tuhan berkata lain. Mau gimana lagi? Gausa dipaksain. Masih banyak pekerjaan yang mulia selain jadi dokter atau perawat. Kalau kita maksain terus, kita gak akan tau gimana dunia disekitar kita. Masih banyak kok pekerjaan yang bermanfaat buat orang lain. Tergantung kita nya aja bertindak. Kita bisa kok jadi pengusaha yang sukses, sampai bermiliaran dolar gajinya. Trus kalo mau bermanfaat sama orang lain. Ya tinggal diamalin aja. Mungkin juga buang-buang duit. Berguna lho buat orang lain. Diluar sana masih banyak orang nyopet, ngemis, ngamen ato segala macemlah buat sesuap nasi. Kita juga bisa dirikan sebuah panti buat para tuna wisma. Jadi bagi kalian yang bener-bener pengen jadi dokter, pikirin lagi. Gak hanya profesi dokter doang yang bermanfaat buat orang lain. Kalau kita jadi orang kaya, trus liat orang sakit. Kita bisa bantu biaya nya. Itu juga udah bisa nylametin nyawanya.
Ini pemikiran ku.
Intinya: kalo kita menginginkan sesuatu, okelah diusahain. Bener-bener di kejar. Tapi kalau udah beberapa kali gagal. Mau di apain lagi? Mungkin Tuhan tak ijin kan menjadi yang kita mau. Tuhan punya rencana sendiri buat kita. Mengikuti renana Tuhan , bukan berarti putus asa. Kita tinggal melihat dunia sekeliling kita,masih banyak yang berguna selain merenungi kegagalan. Jalani aja apa yang ada sekarang, gausah mikirin yang nyelentang dari jalan yang kita lalui. Yang ada kita kehabisan waktu buat mikirin yang gak penting. Kalo aku emang ditakdirkan jadi orang jaringan. Yaudahlah, mau gimana lagi. Toh, apa pun yang kita ingin kan dan kita usahakan, jika itu tercapai . belum tentu kita bahagia setelah mendapatkannya. Yang ada hanya sombong karena kebanyakan duit yang akhirnya bakal gak bisa bermanfaat buat orang lain. Ya, sekarang tanamkan kan dalam diri kita masing-masing jadi orang yang bersyukur. Alhmdulilah, masih ada orang yang bisa jadi dokter. Jadi kalau kita sakit masih ada yang menangani.  Alhamdulilah juga, aku masuk SMK IT. Masih banyak orang diluar sana yang gak bisa ngarasain indahnya sekolah. Indahnya dapet ilmu. Jangan hanya bisa ngeluh, kebanyakan keinginan, kebanyakan ngimpi, tapi gak ada satupun hasil yang didapat. Sekarang, aku tak ada keinginan atau mimpi apapun buat kedepannya. Hanya sedikit keinginan setelah lulus aku aku harus bekerja di Indosat atu ditelkom lah setidaknya. Itu juga bukan mimpi yang muluk. Hanya sekedar mimpi belaka. Aku berusaha sebisanya, biasa saja. Gak seantusias jadi dokter yang dulu itu. Kalau tercapai ya alhamdulilah, kalau enggak ya mungkin aku gak niat atau Tuhan berkehendak lain. kalaupun gagal juga gak perlu sampek alay lebay Bombay gitu lah. Nangis-nangis gak jelas. Mau dibawa kemana masa depan ku? Halah. Semua itu uda ada jalannya, tinggal bagaimana cara kita mengubah nasib kita. Kalaupun kita gagal, dunia gak bakal langsung kiamat kok. Matahari bakalan tetep terbit dari timur dan terbenam di barat. Kagak ada ceritanya, setelah gagal, dan tamat lah riwayat ku. Orang desa tu  yang mikir kayak gitu. Gak punya syukur sama sekali. Gak perlu yang muluk-muluk, pada akhirnya tugas seorang wanita adalah di dapur. Yang penting kerja, dapet duit halal, buat makan sekarang besok+biaya yang lain-lain ada itu aja udah cukup. kalau ada rejeki lebih ya diamalin. Kalau gak ada ya udah, gausa maksa. Kalau maksa berarti gak ikhlas. Hanya kerena GENGSI. So, kalau bisa wujudkan mimpi mu, jalani harimu. Jika tak bisa sesuai mimpi mu. Tetaplah optimis dan bersyukur :)

Komentar

Postingan Populer