Surabaya Ooohh Surabaya -__-,

Sebuah kisah perjalanan, demi bertemu seorang pacar di kota perantauan terbesar nomer 2 di Indonesia. Ikuti kisah konyol nya.

24 November 2011. Malam hari di ruang tengah,
“ma….paa. aku besok tour ”
“kemana?”
“suramadu”
“oalah, Madura. Pulang gak?”
“enggak.”
“yaudah. Ati-ati”
Padahal pengen ketemu pacar, tapi alasan nya? Hhhaha… trus itu juga, pas minta ijin.Ha?? Cuma gitu doang ma?? Enak banget deh ortu gue. Tapi brasa kayak gak di kasihi deh. Gapapa deh, daripada kagak jadi berangkat.  Alhamdulilah ya Surabaya + hunno bunno I’m coming :*


25 November 2011.

Disekolah, habis upacara katanya masih ada pelajaran. Tapi aku gak bawa pelajaran sama sekali. Tas aja isinya baju doang. Jangankan pelajaran, bawa bullpen sebiji aja kagak ada. Soalnya gue uda tau, pasti gue di uks. Lagi halangan boo’. Nyeri haid menyerang.
Pulang sekolah, makan dulu bareng bakul jagung diayam roker. Berangkat ke Surabaya naik kereta. Jam 1 an. Sampai di stasiun jam setengah 1 beli karcis. Elalah, ternyata harga tiketnya 4000 perak boo’ gue kirain sampek 10ribu getoh.. maklum, orang desa, jarang-jarang naek kereta sendiri.
Keretanya uda dateng, di karcis ku tertulis tempat duduk 17D, gerbong 4. Pas naek di kereta nyari tempat duduk, yah uda ada orang. Dan orangnya bilang,
“gini mbak, tadi aku di gerbong 3. Tapi disana uda di sendul orang duluan. Jadi aku mundur. Duduk disini.. blaala….blaa..blaa..”
Waduh, ibuk kebanyakan bacod. Langsung to the point aja lo. Kalo kita(gue+rin) disuru mundur cari tempat duduk yang lain. Gitu aja ceramah dulu –‘
Akhirnya baru dapat duduk di gerbong5, nomer sebelasan kayak nya. Lupa deh. Awalnya bingung, disebelah kanan, Cuma ada bapak tua doang, disebelah kiri ada ibuk doang. Kita ambil yang kiri.
Rin, “buk, kosong?”
“iya..iya.. monggo..”
“kita disuru mundur padahal karcis nya di gerbong 4”
“iya, saya tadi juga harusnya digerbong 4, tapi uda kegeser. Sama petugasnya disuruh mundur aja”
Kebetulan kita dapet orang se tempat duduk yang enak diajak ngobrol. Kita+ibuk itu sama-sama tujuan Surabaya. Dari stasiun malang sampek hampir nyampek sidoarjo. Ngobrol terus sama ibuknya. Sharing tentang hewan peliharaan. Ibuknya punya anjing cihuahua. Kayak nya lucu itu. warna nya coklat hitam. Ibuk itu memeliharanya karena kasian, soalnya anjingnya cacat. Trus denger cerita ibuknya ngegemesin banget. Anjingnya enak diajak ngapa-ngapain, manja dll. Tapi sebelum sampek disurabaya, ibuk ini turun duluan di sidoarjo. Katanya uda gak kuat kelamaan di kereta. Ibunya dari blitar soalnya.
Okeh, perjalanan ku+rin dikereta..
Gilak ni kereta, kress.. mulu. Nyampek disurabaya hampir jam4 an.. turun distasiun wonokromo. Dulu aku uda pernah kesini, tapi kayaknya suasana nya uda beda. Karena hunni bunni belum pulang kerja , akhirnya gue kerumah rin dulu, sekalian pengen liat kucing-kucing nya itu :). Dari wonokromo naek angkot gatau namanya apa sampek ke terminal kecil namanya joyoboyo. Katanya rin ongkos nya sama kok kaya di malang, pelajar 1500, okeh gue kasih 3000 supir nya. Eh, malah, kita di panggil.
“mbak..mbak.. uangnya kurang”
Rin “lho, kita Cuma dari stasiun pak”
“iya, gak ngantri soalnya”
Gue “kurang brapa pak?”
“seribu”
Haduh, paling gak seneng liat orang kebanyakan bacod.udah bapak-bapak tua juga. Lagian ini bukan kota gue. Aneh-aneh dikit aja, gak bisa pulang gue. Kagak tau arah sama sekali. Mampus aja kalo sampek gue kagak bisa pulang.
Di terminal joyoboyo, oper angkot ke daerah rumahnya rin.
Angkot warna coklat, sebelum naek gue bener-bener dengar mas-mas nya bilang..
“ayo..ayo… pelajar 1500”
Nah itu, gue pelajar. Pas banget, gue+rin juga masih berseragam pramuka. Selang beberapa menit kemudian, angkotnya udah full. Kagak ada tempat duduk lagi deh. Masih aja ditambahi penumpang. Ampun gusti, ini kota apa kota.. uda puanas.. angkot jelek, gak layak pakai, masih ditambahi penumpang . Trus gak taunya pas turun, masih dipanggil lagi..
“mbak..mbak.. uangnya kurang”
Rin “lho, pak pelajar ”
“iya, tapi kurang ini mbak”
Gue “kurang berapa pak?”
“2000.”
Waduh, gak ada duit kecil juga. Minimal 20.000 di dompet. yawes, tak kasiin, kembali nya 15ribu. Ampuuuuuunnnnn…. Kota apa ini. Panas, angkot jelek, sopir brutal, mahal pula. Enak dimalang, adem, angkotnya bagus, sopirnya ramah, gadang-arjosari aja masih bisa 1500 pelajar. Lha ini, gak sampek 2km. baru juga 1,5 km. uda bayar 2500. Coba kalo naik angkot lagi, mungkin pak nya manggil lagi dan bilang “mbak kurang 4000”.  Mamamammmmaaaaaaaaaaaaa…. Pengen pulang 
Malam hari disurabaya setelah makan malam dirumah rin. Harus nya lagi bubu di kamar pacar tercinta  tapi pacar gue juga nyebelin sih. Uda disuruh jauh-jauh hari Tanya ke satpam, mala baru tadi sore pas gue uda nyampek Tanya ke satpamnya. Ya gak dibolein. Syaratnya aja disuruh ninggal ktp.lha gue? 16 tahun aja belum. Coba kalo kemaren-kemaren Tanya nya. Kan enak bisa bawa kartu pelajar. Sekarang mana bawa gue. Dasar ni pacar  -_-. Yaudalah, nginep di rumahnnya rin aja. Sekalian dapat makan malam gratis :) tapi enak juga kok. Diajak jalan-jalan keliling Surabaya..
Akhirnya gue tau yang namanya tunjungan plaza. Gilak ni mall apaan?? Banyak bener , gede tinggi. Trus gue tau yang nama nya lenmarc, mitra10, shangrilla, tvri, jtv, royal, sutos, grand city, ciputra world, balai kota, tugu pahlawan, sma petra 1, sma 6, sma darma trimurti, sma 5, sma 9. Trus sama apartemen nama nya java apa gitu, tu gedung kepala gue dongakin keatas masih belum sampek liatnya. Subhanalloh.. kayak di Jakarta yang di tipi-tipi biasanya. Lalu lintas nya juga, ada bis kota. Macetnya. Pokoknya, sama persis kayak ditipi-tipi itu deh. Mall dikota gue rasanya kayak upil disana. Matos vs royal. Kayak angin doang, royal aja bisa dibilang paling jelek disana. Tapi masih bagusan itu daripada matos. Yang trakir gue diajak rin ke gang doli. Ya tau sendiri kan??? Pas baru lewat aja, gue tau kayak salon tulisannya ‘top sembilan’. Gue kirain mbak-mbak disitu lagi antri di salon. Gila nih orang Surabaya ngantri kesalon malem-malem. Tapi disepanjang jalan, kok kayaknya sama semua. Mbak-mbaknya dipajang di dalem. Eh ternyata, baru ngerti ane. Tu mbak-mbak emang sengaja di pajang. Cowok-cowok liat dari luar. Kalo uda deal baru milih, sama mbak yang mana. Masya Alloh ya.. jelek banget hidup lu mbak. Hinaaa banget. Cari duit dengan menjual diri kayak gitu -__-
Gak krasa uda setengah 9, uda mulai bosan gue+ngantuk . Dari jam setengah 7an muter-muter di Surabaya, isinya juga gitu-gitu aja. Gedung-gedung tinggi. Mirip kayak dijakarta banget. Namanya juga kota besar ya -__-.
Tapi sebelum gue pulang, sama rin dillewatin lagi ke tempat mesum. Gue bilang:
“kita mau kemana?? Ini jalannya kok gelap? Gak ada lampu sama sekali”
“ya elah.. nama nya juga tempat nya orang mesum. Dulu aku pernah di kasi tau mbak ku. Pernah ada orang yang lagi bikin anak, dipinggir jalan situ”
“emang bisa?? Sambil berdiri gitu?”
“ya gak tau, bisa aja kali. ”
Bener-bener gilak nih kota. Yang uda gak perawan brapa juta cewek disini?? omaiGod. Kota kutukan banget deh. Jelas aja kotanya panas kayak gini. Orang jalan-jalan malam hari di malang aja menggigil walaupun pake jaket. Lha ini? Malah 2 jam muteri Surabaya tanpa jaket, kagak ada dinginnya. Malah, panas mulu dari tadi.
Dirumah rin. Uda tutupan semua. Gue kirain kita di kekunci. Gara-gara pulang malem. Baru juga jam9. Yaelaaahh.. ternyata egak kok. Untung deh.. kali ini gue bego lagi. Gue gak bawa baju ganti. Jadi gue tidur pake sragam pramuka. Baju yang tak bawa buat besok sama pacar soalnya. Sampek sekitar jam 10an. Kagak bisa tidur bo’. Padahal jendela dibuka semua. Kipas angin gede, semalaman muter. Kagak ada dinginnya samasekali :( pengen pulang :(
Sekitar jam 12 malem kebangun, gilak. Produksi keringat berlebih gue. Padahal ada kipas angin lho… gak kuat panas nya.  Sms pacar juga uda teller dia -__-

26 November 2011.

Sekitar jam3 pagi, uda kedengaran adzan subuh. Nah lho?? Waktu malang sama Surabaya emangnya beda ya? Perasaan sama deh Cuma beda beberapa menit gak sampek 10 menit. Biasanya jam 3 dimalang masih tahajud. Yaudahlah, gue tidur bentar lagi. Tiba-tiba kebangun, gue kira uda kesiangan, ternyata masih jam 4 bo’. Jam 4 nya Surabaya kayak jam 5 nya malang lho. Dari situ gak bisa bobo lagi deh. Apalagi inget-inget yang tadi malem gak bisa bubu gara-gara panas+pas baru noleh udah kakinya rin. Astoviwoo ya.. ngenes banget idup gue disurabaya. Gue tidur Cuma brapa jam ini tadi L rin tidur bisa pake slimut juga. Sarap ini anak, gue semaleman gak bisa tidur gara-gara panas nya kayak dibakar. Sekitar jam setengah 6 gue ijin mandi. Setengah 6nya disana kayak setengah 7 malang -___-, uda terang banget. Mandi airnya juga gak krasa sama sekali. Gak ada dingin ny sama sekali deh.  Setelah itu telpon pacar yang katanya mau jemput jam 6. Lha, jam 5.45 aja gue telpon dia baru bangun. Oalah, sayang.. kebo sekali kamu . sekitar setengah 7 dia uda nunggu di gang.
Akhirnya ketemu pacaaaarrrrr  :*. Pengen mesra-mesraan sama dia :*.
Sampai di kamar dia. Subhanalloh, telah terjadi peledakan kapal yang jatuh di kamarnya. Sumpah, kaya kamar pemulung. Baju kagak karuan rupa nya, hp tergeletak tak berdaya, bungkus rokok berserakan kemana-mana, kipas angin kecil yang tak tau bakal mempam apa kagak. Orang dikamarnya rin aja kipas segede itu kagak mempan, trus gitar yang gak tau dimana tempatnya+ ada mas iga yang lagi ngorok. Kasur juga, gue kirain kasur yang ada kapuknya. Gak taunya itu yang biasa buat alas kasur dirumah gue. Astoviwooooooooooooo…………. Mau numpang bubu aslinya. Suasananya bikin gak bisa tidur e. tapi akhirnya bisa tidur kok. Di nina boboin sama pacar :*. Pas gue tidur,, masi bisa nya aja dia ninggalin gue main game?. Hellow, sayang.. aku datang ini. Aku kangen kamu. Ikut tidur sama aku ato ngapain gitu. Jangan ngegame mulu. omaiGod. Tapi ujung-ujungnya, minta kelon juga dia. Hha… pas dia uda mulai ketiduran, gue yang ganggu. Kasiannya.. hampir 2 jam gue tidur disana. Gue kira uda jam 1an. Eh ternyata baru juga jam11. Rasa nya kayak tengah siangnya di malang. :3. Sekitar tengah siang disurabaya, mama barusan nelpon. Tapi gue gak tau. Trus ada sms juga
“kalau uda selesai cepet pulang”
 gue ajakin dia pulang. Takut keburu sore ntar nyampeknya malem. Trus dimarai.  Awalnya jalan dulu guys, ibarat dari sekolah gue sampek kevelodrom kali ya? Itu sama hawa yang puanaaaaaaaaassssssssss. Menu mantab banget deh pokoknya. Beli minum dialfamart pinggir jalan. Belum juga sejam, uda habis 2botol. Trus naek bis kota jurusan bungurasih. Panas banget. Desak-desakan, bisnya jelek. Sopirnya brutal. Takut mama :(. Trus nyampek di terminal, kita nyari bis patas. Padahal uda ada di depan mata bis patas jurusan Surabaya-malang. Ini pacar masi muter aja. Bingung gue -_-, trus dia kebelet pipis lah apalah. Aku pengen cepet pulaaaaaaanggg… mamama . Akhirnya dapet juga bis patas jurusan malang. Bisa ngadem juga walaupun tetep aja kagak ada adem nya –“. Seneng banget sih, punya pengalaman gitu disurabaya, jadi ntar kalo uda gede kagak sekatrok kayak kemaren itu. so swit nya disini. Pas di daerah mana gitu, gue tidur dibahunya, dia juga tidur diatas kepala gue. Kayak gimana itu? bayangin sendiri deh. So sweet deh pokok nya. Trus pas bis nya ngerem ndadak, kepala kita sama-sama terjatuh dan kaget. Sama-sama kebangun. So swiiit.. kayak di film-film cinta-cintaan itu. hhhahah.. trus gak bisa tidur lagi wes. Gak krasa udah nyampek lawang. Bentar lagi singosari trus arjosari trus nyampek rumah deh. Finally, uda di arjosari. Turun di depan taspen. Kita jalan sampek stopan, kita pisah angkot . Kayak pisah kemanaaaa gitu. Gue pun menaiki angkot warna merah, dan dia angkot biru. Udah beda jalur :(. Selang beberapa menit dia sms.
“hun, aku udah nyampek. Kamu belum ya? :p”
Yah, cepet banget tu orang nyampek ruma duluan. Sekitar setengah4 gue nyampek dirumah. Langsung menikmati kamar ku. Gilak, bener-bener gilak. Siang hari di malang kasur gue aja masih adem. La di Surabaya?? Jangan ditanya lagi deh. Kemudian, mandi. Brrr…. Adem booo’. Seger abis. Hampir se-bak KM, gue abisin airnya. Saking enaknya mandi.
Bener-bener the konyol experience. Mulai dari minta ijin, sampek balik lagi di malang. Bener-bener konyol semua. Alhamdulilah deh, selamat sampai tujuan. Kagak mau lagi ngrasain Surabaya. Jelas aja orang sana item-item, paling yang egak orang cina. Enakan di malang tercinta. Adem ayem tentrem . walaupun malang, karangploso pelosok. Tetep cinta malang gue. hhhahah
I Love Malang :*, tentunya I Love Rendy :)

Komentar

Postingan Populer