Cerita ku saat MOS

“GILAK” teriakku dalam hati, saat masa MOS dijenjang sekolah menengah kejuruan baru ku. Ini MOS atau penyiksaan? Benar-benar gilak. Dengan terengah-engah dan konsentrasi yang buyar karena gerundelan gak mutu, aku hanya bisa ikhlas menjalani MOS di sekolah baru ku. Dalam pikirku, harusnya aku sekang lagi MOS disekolah impian ku, bukan disekolah yang kebetulan ketrima dan langsung ambil. Tapi emang sih, gak ada pilihan lain. Kalaupun ini sekolah gue tolak, mau sekolah kemana lagi eke? . itu yang ada dipikirannku saat melaksanakan kegiatan MOS, tapi pikiran ku gak lagi ditempat.  Setidaknya, aku punya nuansa baru disekolah ini, lagian Tuhan punya jalan terbaik bagi tiap umatnya.
            Aku adalah Vira, seorang gadis yang terkenal lumayan diam bahkan wajahnya pun menggambarkan anak pendiam, berkacamata. Yeah.. jangan pikir muka diam ku menggambarkan tingkah laku-ku.  Diam ku sangat menghanyutkan. Banyak orang yang sudah kenal aku bilang, “tak kira Vira itu diam, ternyata wajahnya menipu”. Hhahah.. tapi jangan salah bray, gini-gini gue nyenengin temen juga. Setia sama temen, kagak bakal deh nyesek sama gue. Malah yang ada dapet ilmu-ilmu rebellious. J
            MOS HARI KE-1. Isinya Cuma grundelan doang.
            MOS HARI KE-2. Aku mulai berulah, harusnya senior menyuruh ku membuat karangan tentang hari pertama MOS. Bukan karangan tentang bola dunia sebagai juara dan mengolok-olok kerja keras panitia MOS. Intinya :
“saya hampir semalaman tidak tidur karena melihat final piala dunia. Dan selesainya sekitar jam4 pagi. Pagi itu juga saya mempersiapkan segala barang untuk mos. Saya capek dengan semua acting senior yang isinya apa-apa salah. Apalagi pas waktunya makan. Tiap anak kan uda dikasi per-bungkus. Urusan habis gak habis ya urusan dia dong. Helllow yah, kita disuruh  ngabisin punya orang lain yang gak habis. Ini senior ngajarin kita-kita rakus ya? Kakak abang yang baek dan cantik, saya yakin kakak abang kalau diajak korsa kayak gitu, males juga kan ? apalagi kalau uda makan terus disuruh ngabisin punya temennya yang gak habis. Pasti gak mau juga kan? Apalagi adek-adeknya. ” itu inti dari sebuah karangan yang aku buat untuk tugas MOS hari ke-2. Sebenarnya memang kelihatan sangat tidak nyambung, temanya kesan hari pertama tentang MOS. Lah itu , gue malah curhat yang gak tidur semalamn lah, yang menghina-hina senior lah. Kamu-kamu sabaro J.
            Siang itu juga, saat dikelas mulai agak longgar. Nama ku disebutin senior, suruh menuju kelas 2R2. Saat baru masuk, lalu duduk.
“dek, kamu tau salah mu apa?” Tanya abang-abang senior kepada ku.
“siap. Saya tidak tau bang. Mohon dikasih tau” dengan santai dan muka innocent seperti biasanya aku menjawab.
“kamu gak sadar a sama karangan mu?” setengah membentak
“siap, memang kenapa bang karangan saya?” muka polos.
“bacaen itu” memberikan kembali karangan ku.
“maksud karangan mu apa? Menghina senior?”
Aku hanya bisa diam melihat kearah karangan diatas meja tersebut. Tiba-tiba seorang senior ku sejak smp mendatangi ku.
“oh, init a anaknya” sahutnya.
“kamu yang uda berani sama saya difb kan?”
“kamu yang uda ngancem-ngancem saya dif b itu kan?”
“aku lo gak kenal kamu, bahkan kenal kamu aja waktu dismp aku juga enggak. Maksudmu apa bikin karangan kayak gini? Kalo kayak gini, kamu juga uda sama aja jelek-jelekin almamater smp mu. Kamu lo masih belum tentu sekolah disini.” Tutur kerasnya.
Untuk masalah fb. Perasaan gue Cuma nanya:
“mas.. orang Telkom kan?”
“iya, kenapa?”
“mau nanya, pasta asin apaan yah?” lalu karena aku uda tau, aku mengirim wall lagi untuknya. “oh, gajadi mas. Aku uda tau. Ntar kalo ng-MOS  I jangan galak-galak ya.”
“waduh, belum apapa kok uda mangencem gini? Aku gak galak kok kalau nge-MOS i, paling cuma sedikit nyebelin”.
Emang pertanyaan ku mengancam yah? Sebenarnya, yang bego sapa sih -_-
Dalam hati gue:
“mas..mas.. emang saya salah ya. Nulis karangan kayak gitu kan sekalian ngritik. Biar senior-junior itu akrab. Lagian mas bego yah? Jelas-jelas saya udah bayar lunas ni sekolah. Konyol banget kalo belum tentu ketrima disekolah ini”.
Aku memang orangnya bandel, sekeras apapun omongan orang terhadapku. Aku tak mnggubrisnya. Tapi, aku gak sebandel anak jalanan yang brutal. Sebandelnya gue, gue masih bisa terima kritik dan saran orang lain.
            Pada siang itu juga, aku duduk dikelingingi hampir ada 7orang senior. Gilak nih senior bisanya kroyokan. Karena posisi terpepet dan gue emang salah. Dan banyak senior menghujat habis-habisan. Ya dengan sangat berat hati aku katakan, aku keluar dari ruang kelas itu dengan muka merah, terisak-isak hingga sampai ke kelas ku. MOS ke-2 yang suram -_-
            MOS HARI KE-3. Biasa saja, senior hanya sedikit memantau ku, mereka jaga-jaga kalau gue bandel lagi.
            MOS HARI KE-4. Kamis 15-Juli-2010. Suasana seperti biasa. “dek, kamu tega a sama temen mu? Mana kebersamaannya? Katanya satu?” kalimat it uterus yang selalu dilontarkan buat para peserta MOS. Mbak-mas nya gak capek apa? -_-.
            Siang itu, sebelum ishoma. Kegiatan MOS sedang kosong. Harusnya dibuat cerita sama temen baru biar saling kenal atau apalah. Lah ini, enggak. Jam kosong malah diisi sama senior Organisasi MPK. Organisasi diatas OSIS. Tuhan , pelis. Kasih kita waktu buat bernafas. MOS isinya omelan mulu. MPK masuk aja hawa nya uda suram. Yang pintu dibantinglah, mas-nya tinggi-tinggi pula. Kemudian,
“untuk adek-adek didepan saya, pimpinan saya ambil alih. Ditempat duduk siap grakk!!”
mulai suram nih, kalu ditempat duduk siap . -_-
“dek, kami perwakilan dari Organisasi MPK. Kami gak mau marah-marah seperti panitia MOS lainnya. Kami Cuma ngajak sharing. Gimana menurut kalian tentang MOS-nya” kata salah seorang senior.
Bener mas nya mintak sharing, tapi ngpain ditempat duduk siapin. Capek tau gak? -_-. Pandangan lurus, duduk tegak, kaki rapat. OmaiGod. Tapi, tiba-tiba, sliut didepan ku barusan kayak ada orang yang mirip sama orang yang dulu waktu di SMP pernah tak sukai. Tidaaakkkkk…. Kok ada yang hampir mirip sih. Apalagi pas masnya perkenalan. Bener-bener pasang kuping dah. Gue tau nama-nya, dia “Rendy” J.  Tapi gak sempet liat mukanya, gara-gara posisi siap itu -_-
            ISHOMA.
            Setelah ISHOMA. Para peserta MOS diharapkan menuju lapangan basket untuk kegiatan meminta request. Hari itu juga, senior pertama kali yang gue dapetin tandatangannya, ya mas Rendy itu. Saat meminta request:
“dek Vira yah?” Tanya nya dengan senyum
“iya, bang” jawab ku.
“nanti pulang MOS temui saya ya. Didepan fotokopian” ajaknya.
“oh iya, bang” balas ku penuh senyum.
Sejak saat itu, gue gak bisa berhentiin yang namanya senyum. Bener-bener menunggu waktu pulang sekolah. Bahkan saat perjalan dari lapangan basket menuju kelas aja ketemu lagi, bahkan di sapa. Oh, myGodness J
“dek Vira, nanti jangan lupa ya?” ajak nya lagi.
“iya, bang”. J
Gak ada kata lain selain “iya , bang+ senyum”. Ampun Tuhan, gak gak gak kuat.
            TIBA WAKTU PULANG MOS. Segera bergegas menuju fotokopian depan sekolah. Aku tau dia sudah ada disana, dengan motor merah meronanya. Saat aku mau kesana, dia malah ngobrol sama temen se-gugus ku yang paling cantik. Bahkan saat aku didepannya, aku malah dialih bicarakan sama mas-mas yang lain. Sedih tau gak sih guys. Tadi uda semangat-semangat, malah gak tau-nya lihat begituan. Malah, kedengeran mas Rendy itu minta nomer hape ketemen ku itu. la nomer hape ku malah diminta sama mas-mas yang aku males liat mukanya L. Iya deh, bukan rejeki. Setelah selesai berbincang-bincang masalah Organisasi dengan mas-mas di depan fotokopian itu. aku pergi kerumah temen ku, untuk koordinasi barang buat MOS besok. Gak taunya tiba-tiba ada sms:
“ini dek Vira bukan? Aku Rendy yang tadi”
Apaaaahhhh?????? Dia sms gue boo’. Mukjizat buanget J. Sejak saat itu gue dan dia sms-an terus guys.
            Malam hari dirumah. Gue online FB, gue pengen add tu FB-nya mas Rendy, eh ternyata, gue uda di-add duluan jeng. Oh bahagianya J
            MOS HARI KE-5. Biasa, bentak-bentak gak jelas gituh seniornya. Tapi sms-an sama mas Rendy loh.
            MOS HARI KE-6. Mos hari terakhir, dimana hari ini, pulangnya agak malem. Soalnya ada api unggun.
            Malam itu, aku mengenakan kaos putih+hem putih dengan rok selutut, dan sepatu vans gaoul. Sebenarnya gak boleh sih pake pakaian kayak gitu. Harus yang sopan. Tapi gimana lagi? Uda terlanjung kebawa, dan gak mungkin kalau gue gak pake baju gara-gara salah kostum.
            Sekitar habis mangrib, mas Rendy datang kesekolah ikut inagurasi api unggun. Dia memanggilku, “dek Vira, sini” sambil mengajak ku kebelakang.
Tapi gak taunya, yang didatengin malah temen ku yang cantik tadi. Gue gak ngrti maksudnya apa ini orang, manggil gue, tapi yang diajak ngbrol dari awal ketemu cuma dia, dia dan dia. Gue sadar kok kalau gue gak secantik dia. Tapi lho, mass…  L
            Sekitar jam8 malam, peserta MOS dipulangkan dan disahkan sebagai siswa-siswi sekolah tersebut.
            Dan beberapa hari kemudian gue jadian sama dia, tapi awalnya gue tolak dulu itu orang. Emang lagi gak srek sih, takut diputusin lagi -___-. Tapi gue dapet penghargaan juga loh. Gue cewek pertama yang nolak dia. Hhhahaha.. buat cerita anak cuculah J.

=========TAMAT=======


Komentar

Postingan Populer