apa ini cerpen?

            Gue menatap sepasang mata penuh cinta dihadapan gue. Didepan rumah gue dengan rintik gerimis yang romantis sedang tertiup angin. Seperti biasa, gue pulang sekolah diantar Rendy, cowok gue sampai depan rumah. Tapi suasana kali ini nampak berbeda. Dengan spontan tanpa basa-basi gue cium pipi kanan Rendy dengan senyuman hangat.
“lo, ngapain?” Tanya nya dengan senyum.
“gapapa hadiah 6bulanan kita J” jawabku senang.
            Namun tak lama kemudian, hanya seling beberapa detik keadaan agak sumbang. Dari yang awalnya penuh senyuman sekarang wajahnya agak parau seperti ingin menyampaikan sesuatu yang tak ingin dia sampaikan.
“break ya?” Tanya nya dengan wajah cemas dan pelan.
“gausah nglucu gitu ah,!!” jawab ku agak kesal.
“beneran sayang, sebenarnya kemarin aku mau jemput kamu sekaligus mau ngmongin ini. Tapi kemaren kamu bilang, kamu lagi sakit dan mau ke dokter” sautnya dengan wajah yang tak biasa.
“gak. Aku gak mau” jawabku singkat.
“aduh.. ayolah . ngertiin aku”  
“aku gak mau. Kenapa harus break sih? Kamu bisa kok tanpa mutusin aku. Terserah mau gak  di sms atau apalah mau ganti status lajang di FB atau aku gak dianggep atau apalah. Tapi jangan putusin aku. Aku sayang kamu L” air mata ku mulai tak tertahan.
“gak bisa. Kita harus break dulu”
“iya kenapa? Kenapa harus break L


            Air mata gue semakin tak terbendung. Harusnya malam itu jadi malam bahagia karena 6bulan penuh gue bisa jadian sama orang yang dia sayangi. Tapi malah gue tau , gue harus break karena dari segi keluarga, bukan dari dirinya sendiri. Dengan sangat berat hati dan bertumpahkan air mat ague bilang :
“iya, aku sayang kamu. Aku gak bole egois L”.
“kalo emang jodoh, kita pasti balik lagi kok. Aku juga sayang kamu :’)” dengan senyum penuh makna nya dia katan itu.
Gue pun bener-bener tau, itu bukan inginnya. Dia hanya terpaksa melakukannya, dia terjepit dalam dua pilihan dan salah satunya harus dikorbankan.
            Di depan rumah, gue hanya bisa terpaku memandang kepergian Rendy. Dengan senyum yang diiringi air mata, setengah menghela nafas panjang dan membiarkan cinta gue pergi sesuai dengan pilihan hatinya :’)
            Sejak malam itu, malam harinya gue hanya bisa nangis. Pertama kali dalam sejarah, gue nangis gara-gara diputusin cowok yang satu ini. Gue gak ngerti kenapa, padahal sebelum-belumnya gue juga diputusin mulu. Tapi gue gak sehancur ini, gue juga gak punya salah sama dia. Tapi memang aneh. Gue bener-bener sayang dia. Hanya emosi dan air mata untuk meluapkannya.
            Sekitar 1bulan, gue menghilang dari dunianya, bahkan situs dunia maya gue semua gue nonaktivin. Gak tau kenapa, pokoknya bikin emosi. Gue sibukin diri sama kegiatan yang ada. Hape pun yang biasanya selalu ada kemana gue pergi, sekarang kemana-mana gak perlu hape. Tapi selama kita masih jadian, gue punya utang sama dia. Saat malam pentas seni sekolah kita, dia pengen liat gue pake rok dan berdandan sewajarnya cewek anggun. Dan gue buktikan gue bisa kayak yang dia mau !
            30 juni 2011. Hari itu ulang tahun dia, sayang gue gak bisa ngasih dia apa-apa. Apalagi saat itu gue lagi ditempa sama senior maupun super senior selama 4 hari di pedesaan untuk jadi Paskibraka Kota. Awalnya, gue ada niatan kasi dia kado, walaupun kita uda break dan dia gak pernah lagi hubungin gue sejak 4 juni itu, malam pentas seni sekolah kita sebagai pelepasan siswa-siswi kelas Xll. Malam itu juga menurut gue perpisahan gue sama dia, karena dia uda lulus dan gue akan naik ke kelas 2. Gue bener-bener gak bisa berhenti berfikir lagi, kenapa dia ninggalin gue dan kalau emang dia bakalan tetep ada buat gue kenapa gue sms gak di bales dan dia pun juga gak pernah sms gue. Kalopun dibales, gue bales lagi isinya pengen emosi mulu L.
            Inget-inget tentang malam pentas seni sekolah gue. Karena gue ngrasa ini pertemuan terakhir gue sama dia, tanggal 4 juni 2011 sekaligus bayar utang gue. Kalaupun kita masih jadian, itu tanggal bulanan kita. Harusnya tanggal itu gue lagi heppi sama dia, bukannya meratapi nasih uda dapet 1bulan jomblo L.
    &nbsp$3B       Dimalam itu jug gue bener-bener jadi cewek yang kalo menurut gue, gue tampak anggun dengan mengenakan long dress ditambah highhils 5cm terurai rambut panjang gue dan beberapa accesoris untuk mendukung penampilan. Gue bergaya kayak gitu semata buat salam terakhir perpisahan sekaligus gue tunjukin kalau gue bisa dadan se-anggun cewek normal lainnya.
            Saat melewati koridor kelas 2tkj gak sengaja gue liat dia duduk dilapangan dengan segerombolan kawan-kawannya. Tak lama kemudian gue liat hape terdapat satu message berisikan “duduk sini lo J”.
Gue sedikit gak kuasa melihat hape saat   itu, sebenarnya gue mau, tapi gimana yaa. Akhirnya…
(dengan melambaikan tangan) “heh, duduk sini lo J” ajak Rendy.
Dan dengan sedikit rasa mau tapi malu ku jawab “enggak ah, malu”. Saat itu gue lagi sama sahabat gue, gue malu dong kalo duduk sama dia dan gerombolannya sedangkan sahabat gue ntar sendirian lagi. Terus tak lama kemudian, gue semakin di paksa duduk disampingnya. Mau tak mau aku pun juga mengajak sahabatku duduk disebelah kanan ku dan disebelah kiri ku si dia.
“udah 7bulan lhoh J” ajaknya bicara.
“enggak. Uda 1bulan jomblo” jawabku dengan nada bercampur emosi dan sedih mengingat kejadian 1bulan lalu didepan rumah ku.
“lho, gak dianggap ni” jawabnya dengan senyum.
“ya enggak , kamu jahat gitu uda mutusin aku” jawabku agak sedih.
“enggak sapa yang mutusin kamu” jawabnya lagi dengan senyum.
Gue gak tau kenapa gue selalu luluh kalo uda deket sama tu orang, semarah apapun gue sama dia. Kalo uda ketemu gue selalu luruh bagai lilin yang cepat meleleh . wusss lebay buu’ :D
Tapi emang bener, rasanya pengen ketawa terus sama dia. Mungkin uda bener-bener sayang sama dia J. Saat duduk di dekatnya juga aku ngrasa seneng banget apalagi dengan penampilan gue yang selama ini dia inginkan dari gue.
Dalam hati gue “kenapa saat-saat seperti ini malah gue putus sama dia L”.
            Hari pun semakin larut, sampai akhirnya pentas itu selesai sekitar jam1 pagi.  Gue menginap di kos sahabat gue. Sedikit melamun mengenang kejadian-kejadian yang bikin suasana hati campur aduk. Gue tu sayang dia, tapi kenapa dia kayak gitu sama gue. Ya mungkin tetp tunggu hari aja, sesuai kata-katanya dulu pas didepan rumah gue “kalau emang jodoh, kita pasti balik lagi kok J”.
            Gak tau harus gimana lagi deh. Kali ini bener-bener miris banget. Kayak lagu yang sering gue nyanyiin sejak gue break. Avril- When you’re gone.
“…when you’re gone, the word I need to hear to always get me throght the day , and make me okay. I miss you J
            Hari-hari semakin terasa sepi, selama gue jomblo ada yang nembak gue. Dan itu temen se-Paskibraka gue. Gak ada rasa sama sekali meskipun gue udah jomblo sekitar 4bulanan. Gue cuma pengen sama dia. Dengan sangat ringan hati gue gak bisa terima cinta dari temen gue itu.
            Sekitar pertengahan bulan Juli. Gue minta maaf sama sahabatnya Rendy, sebenarnya emang sedikit ada salah paham sama sahabatnya itu sejak mau diputusin dulu. Apalagi dia cewek, yaa biasa lah. Paling males gue ngadepi cewek. Mulut nya kemana-mana kalo ngajak tengkar -___-. Sebenarnya dia dulu yang mau minta maaf sama gue, gue di kasi tau temen, soalnya dia curhat ke temen gue itu. tapi dia bingung harus gimana, semua dunia maya gue nonaktiv. Akhirnya saat itu juga gue aktivin semua. Lewat YM gue minta maaf dulu. Setelah itu, hati agak plong. Mulailah gue deketin lagi si Rendy, kalau emang gue sayang gue gak boleh gengsi dong J
“mass.. J” chat FB.
Tapi karena lama gak dibalas akhirnya gue off. Gak taunya, dia uda sms gue,
“kok off?” tanyanya.
“gapapa, tadi cuma aktivin lagi ae. FB ku uda aktiv lagi lo. Fotonya cantik J” ajak ku bercanda.
“iyaaa, gue kaget tau gak” kumat lebaynya.
Dari situ kita mulai dari nol lagi, kita sms an lagi kayak dulu lagi. Tapi masih sebatas teman. Gak ada hubungan  yang mengikat. Pernah suatu hari setelah kira-kira 1bulan kita deket lagi, tiba-tiba dia duluan yang tanya tentang perasaan gue.
“masih sayang ya? :p”
“iya dulu. Sebelum hancur :p”
“terus sekarang? Uda ilfil?”
“emang kenapa kok tanya gitu?”
“gapapa, aku kangen L
Gue luluh baca smsnya. Tanpa basa-basi dan mengelupas muka untuk kesekian kalinya. Gue bilang:
“maav aku tadi bohong. Aku masih sayang kamu. Aku nunggu kamu. Aku emang agak emosi dulu. Aku hilang selama sebulan , FB nonaktiv , aku gak sms lagi, aku sibukin diri latihan Paskibraka, sampek aku ikut dance-nya DBL. Soalnya aku gak mau kepikirn kamu terus L
“maav , ya. Aku uda bikin kamu sampek kayak gitu. Mungkin omongan ku yang di depan rumah mu dulu bakal kejadian kok J
“iya, aku bakal tetep nunggu kok. Aku sayang kamu J
“aku juga sayang kamu J
            Berawal dari itu, gue uda seneng banget. Gue yakin dia bener-bener bakalan balik. Tapi gue juga butuh kejelasan. Kita uda putus, kita temenan tapi logatnya kayak orang pacaran. Gue beranikan diri buat nanya pada beberapa hari selanjutnya lewat sms.
“mas, Tanya. J
“apa?”
“sebenarnya, mas sama aku itu gimana sih? Masih suka ato gimana?”
“aku suka kamu tapi aku belum siap buat jadi cowok mu dulu”
            Seperti jawaban gue saat dia nembak gue dulu. Jangan-jangan ini tehnik balas dendam
-___-“.setelah gue tau jawabannya gitu, okelah untuk sementara sabar dulu aja. Jangan Tanya aneh-aneh lagi. Ntar bisa-bisa dia ilang lagi, gue nangis lagi. omaiGod, dunia cinta -_- tapi selama itu, kita masih sms-an kayak biasanya kita jadian waktu dulu.
Sekitar awal September gue masih penasaran, gue tanya lagi dia….
“mas, maaf aku pengen tau. Sebenarnya mas sama aku itu gimana?.”
“ya gitu. Gak enak kalo di omongin lewat sms J” semakin bikin penasaran.
            11september2011. Dia katanya mau ke rumah, mungkin karena suasana lebaran jadi dia mau silaturahmi. Tapi ternyata sebelum dia pulang, dia bilang..
“mau?” Tanya nya dengan tertawa
“mau apa?”
“oh,yauda kalo gak mau”
“lo mau apa?”
“mau gak? Trus gak dijawab, berarti gak mau :p”
(ni orang bikin emosi tau gak. Tinggal bilang, mau jadi cewek ku lagi apa egak, dan otomatis gue bilang mau. Gitu aja ngajak terngkar dulu -____-“)
Tiba-tiba…
“balikan ya? J” dengan posisi, kepala nya dipundakku.
Aku menoleh dengan denyum dan berkata “iya J”.
            Terima kasih Tuhan ,  cinta kita bersama lagi . aku yakin, semua bakal indah pada waktu nya . jika memang kamu menyayangi seseorang, buktikan sayang mu itu, tunjukkan pengorbanan mu dan berdoa lah. Tuhan tak pernah tidur J


Komentar

Postingan Populer